Daun Sirih Datang, Bau Badan Hilang

TANAMAN sirih (Piper betle L) merupakan tanaman yang banyak terdapat di Indonesia dan digunakan sejak dulu. Kita mungkin masih ingat ketika nenek kita memakan daun sirih, dan mengeluarkan cairan berwarna merah.

Kebiasaan tersebut, sepintas memang menjijikkan. Namun sebenarnya, daun dari tanaman ini memang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk menghilangkan bau badan. Bau badan, timbul akibat bakteri dan jamur yang dipicu oleh keringat, sehingga menghasilkan bau yang tidak sedap. Bau ini juga muncul akibat badan kurang bersih, seperti orang yang sering berkeringat karena tinggal di daerah tropis, namun jarang mandi.

Orang dengan bau badan, bukan hanya akan membuat minder (rendah diri) atau tidak PD, tetapi juga bisa mengganggu hubungan dengan orang-orang di sekitar kita. Minimal, anak kita akan menutup hidung sambil mengatakan, ‘’ahhh bau... Mandi dulu sana.....’’

Namun dalam beberapa kasus, bau badan tersebut tidak bisa hilang hanya dengan mandi. Perlu perawatan lain, salah satunya dengan menggunakan daun sirih.

Setelah mencari-cari di Internet dan bertanya kepada beberapa tetua, saya menemukan beberapa artikel tentang pemanfaatan daun sirih. Dalam beberapa artikel tersebut diuraikan secara ringkas dua cara pemanfaatan daun sirih, yakni diminum dan untuk mandi.

Diminum
1.    Sediakan 6 lembar daun sirih dan air bersih sebanyak dua gelas.
2.    Cara pembuatan adalah dengan merebus daun tersebut dalam dua gelas air, hingga tersisa 1 gelas air. Selama merebus, panci yang digunakan harus dalam keadaan tertutup rapat.
3.    Minum satu gelas air rebusan tersebut, setiap sore atau siang hari. Konsumsi air rebusan ini cukup sekali dalam sehari.

Untuk Mandi
1.    Sediakan 20 lembar daun sirih.
2.    Cara membuatnya, rebus daun tersebut dengan air secukupnya dan gunakan air rebusannya untuk mandi 2 kali sehari secara teratur.

Komentar