Google, Indahnya Kebersamaan di Hari Valentine



HARI ini 14 Februari 2012, banyak di antara kita yang merayakan sebagai Hari Valentine atau hari kasih sayang. Lepas dari sejarah serta pro dan kontra dari sudut pandang agama, kasih sayang adalah milik umat manusia, tanpa memandang suku, agama, keyakinan, ras, suku bangsa, golongan, serta pandangan politik.

Hari kasih sayang, bukan berarti kasih sayang hanya diberikan pada hari itu. Tetapi bahwa adanya hari itu, merupakan sebuah peneguhan bahwa kasih sayang itu masih ada di muka bumi. Ini seperti peringatan hari kemerdekaan, yang memiliki makna bahwa pada hari itu kemerdekaan diteguhkan keberadaannya, bukan kita hanya bisa merdeka pada hari itu.

Kasih sayang, juga bukan melulu cinta pada pacar atau kekasih, tetapi bisa kepada siapa saja. Berikut beberapa unsur yang sering ada dalam cinta antar pribadi.

©       Kasih sayang: menghargai orang lain.
©       Altruisme: perhatian non-egois kepada orang lain (yang tentunya sangat jarang kita temui sekarang ini).
©       Reciprocation: cinta yang saling menguntungkan (bukan saling memanfaatkan).
©       Komitmen: keinginan untuk mengabadikan cinta, tekad yang kuat dalam suatu hubungan.
©       Keintiman emosional: berbagi emosi dan rasa.
©       Kekerabatan: ikatan keluarga.
©       Physical intimacy: berbagi kehidupan erat satu sama lain secara fisik, termasuk di dalamnya hubungan seksual.
©       Pelayanan: keinginan untuk membantu dan atau melayani.

Ada satu lagi unsur yang kerap ada dalam kasih sayang, yakni kebersamaan. Ini pula yang pada 14 Februari 2012 ini digambarkan oleh Google dodle, dalam animasi flash. Dalam animasi tersebut digambarkan ada seorang anak perempuan yang sedang bermain lompat tali.

Ketika pacarnya datang membawa bunga, anak perempuan tersebut cuek saja. Demikian pula ketika pacarnya membawakan berbagai hadiah lain. Si pacar yang hampir putus asa, kemudian datang dengan membawa tali. Dia pun mengikuti si anak perempuan bermain tali.

Saat itulah si anak perempuan malah berhenti, memperhatikan pacarnya sejenak, dan kemudian memeluknya. Sesaat kemudian, mereka bermain besama. Animasi tersebut memberikan gambaran pada kita, bahwa kebersamaan lebih penting dibanding berbagai hadiah yang diberikan. (*)

Komentar