Selamat Ulang Tahun Robert Noyce


Gambar Chip yang dipasang oleh Google untuk memperingati Robert Noyce
 
ANDA mungkin masih ingat tulisan saya tentang sejarah komputer di blog ini. Dalam tulisan itu, penemuan tentang chip kecil yang bisa berisi jutaan komponen, merupakan sebuah langkah maju dalam dunia elektronika dan komputer.
Keberadaan chip tersebut, tidak bisa lepas dari jasa Robert Noyce, yang hari ini, 12 Desember berulang tahun. Dia pula yang menemukan integrated circuit atau sirkuit terpadu atau sirkuit terpadu monolitik (juga disebut sebagai IC, chip, atau microchip).
Komponen ini merupakan sebuah sirkuit elektronik, di mana di dalamnya terdapat banyak semikonduktor yang saling terkoneksi. Sirkuit tersebut dibungkus dengan silikon padat.
Saat ini chip berperan penting dalam industri elektronik dan komunikasi. Dengan adanya komponen tersebut, peralatan komputer, alat komunikasi, dan elektronika bisa menjadi sangat kecil. Komputer yang pada masa awalnya sebesar setengah lapangan bola, kini hanya sebesar buku dan bisa ditenteng dan dimasukkan ke dalam tas. Bahkan komputer kecil yang menggunakan chip tersebut memiliki fungsi jauh lebih hebat, dibanding komputer generasi pertama yag menggunakan lampu tabung. Karena itu pula, tanpa chip, dinamika kehidupan masyarakat modern saat ini mungkin tidak akan pernah ada.
Robert Noyce menemukan sirkuit terpadu alias microchip bersama Jack Kilby.  Mereka pula tokoh-tokoh yang layak disebut pelopor, dalam industri komputer.
Robert juga bukan hanya seorang peneliti, tetapi juga General Manager Fairchild Semiconductor Corporation (1957). Penemuan itu kemudian juga dipatenkan. (US patent # 2.981.877 Semiconductor Device and Lead Structure, filed July 1959, issued April 1961, assigned to Fairchild Semiconductor))
Robert juga pernah bekerja untuk Intel. Di industri tersebut dia juga menemukan mikroprosesor yang merupakan perkembangan dari chips.

Karir
Setelah lulus dari Massachusetts Institute of Technology pada 1953-1956, dia bekerja seorang engineer (perencana / perekayasa) penelitian di Philco Corporation di Philadelphia, Pennsylvania. Dia kemudian bergabung dengan William Shockley di Shockley Semiconductor Laboratory, di Mountain View, California.
Pada 1957 dia meninggalkan pekerjaan tersebut setelah mengalami masalah sehubungan dengan kualitas manajemen. Dia kemudian mendirikan
korporasi Fairchild Semiconductor. Menurut Sherman Fairchild, presentasi bersemangat Noyce dari visinya adalah alasan Fairchild untuk menciptakan divisi semikonduktor.
Pada tahun 1968, Noyce dan Gordon E Moore mendirikan Intel, ketika mereka meninggalkan Fairchild Semiconductor. Arthur Rock, ketua dewan Intel dan investor utama di perusahaan itu kemudian berpandangan, bahwa agar bisa maju, Intel membutuhkan Robert Noyce, Moore, dan
Andrew Grove.
Noyce yang visioner dibutuhkan untuk menginspirasi, Moore dibutuhkan dalam keahliannya sebagai virtuoso teknologi, dan Grove dibutuhkan karena dia adalah ilmuwan manajemen.

Biografi  Robert Noyce
Tempat / Tanggal Lahir : Burlington, Iowa / 12 Desember 1927. 
Tempat/ Tanggal Meninggal: di Austin, Texas / 3 Juni 1990.
Julukan : Wali Kota Silicon Valley.
Penghargaan dan Jasa:
1.       BA dari Grinnell College di Lowa, tahun 1949.
2.       Gelar Ph D  dalam elektronik fisik dari Institut 
          Teknologi Massachusetts,  tahun 1953
3.       Peneliti untuk Philco Korporasi sampai tahun 1956
4.       Pembuat transistor di Laboratorium  Shockley
          Semiconductor di Palo Alto, California.
5.       Mendirikan Fairchild Semiconductor Corporation
          tahun 1957
6.       Bekerja dengan Gordon Moore di Intel Corporation
          tahun 1968.
7.       Penerima medali Stuart Ballantine dari Institut
          Franklin untuk pengembangan sirkuit terpadu.
8.       Penerima penghargaan Brunetti Cledo untuk sirkuit
          terpadu tahun 1978.
9.       Penerima Medali Kehormatan IEEE tahun 1978
10.    Anugerah National Medal of Science tahun 1979.
11.    Penerima National Medal of Technology tahun 1987
         dari Presiden Ronald Reagan.
12.   Bersama Jack Kilby, penemu transistor John
        Bardeen, dan beberapa tokoh lain menerima
        “Lifetime Achievement Medal”


Menurut biografi yang dibuat IEEE, dia juga pemegang 16 paten, metode semikonduktor, perangkat dan struktur, aplikasi photoengraving untuk semikonduktor, dan penyebar-persimpangan isolasi untuk IC. Dia juga memegang paten dasar yang berhubungan dengan skema interkoneksi logam.

Catatan: IEEE adalah organisasi internasional, beranggotakan para insinyur, dengan tujuan untuk mengembangan teknologi untuk meningkatkan harkat kemanusiaan. Semula IEEE merupakan singkatan dari Institute of Electrical and Electronics Engineers (Institut Insinyur Listrik dan Elektronik). Namun kini kepanjangan itu tak lagi digunakan sehingga organisasi ini hanya bernama resmi IEEE.  (Sumber: Wikipedia)

Komentar