Peralatan SEO Gratis untuk Blogger


SEO (Search Engine Optimization) atau optimisasi mesin pencari merupakan unsur yang sangat penting dalam pengembangan web dan blog. Dengan metode ini, sebuah situs atau web bisa berada di tempat teratas dalam pencarian, atau setidak-tidaknya barada di halaman utama pencarian.

Dengan cara itu web atau blog tersebut memiliki kemungkinan lebih besar untuk dikunjungi. Blog atau web dengan klik yang banyak, lebih berpeluang untuk memperoleh iklan dibanding blog dengan jumlah kunjungan (klik) sedikit.

Upaya meningkatkan page rank melalui SEO ini, kemudian dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk membuka jasa SEO. Pemilik blog atau web, sebetulnya bisa melakukan SEO sendiri, antara lain dengan membuat meta tag, tag judul, dan memilih kata kunci yang baik.
 
Persoalannya, tak semua orang bisa membuat meta tag dan menentukan judul yang tepat. Peluang seperti itu pula yang kemudian diambil oleh pengusaha SEO, untuk membuat beberapa tool, seperti backlink tool dan penilai kata kunci. Konsumen yang ingin menggunakan peralatan tersebut, tentu harus membayar.

Kini blogspot sudah menyediakan beberapa peralatan SEO yang bisa dinikmati secara gratis. Dengan berbagai alat ini, anda bisa memperoleh banyak informasi tentang blog, seperti kata kunci, kecepatan loading, rangkin situs Anda, dan backlink di search engine.

Meta Tag Generator

Menambahkan Meta Tag adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan peringkat web atau blog anda di mesin pencari. Namun untuk membuat meta tag, beberapa blogger, terutama yang masih baru akan mengalami kesulitan.

Namun persoalan itu bisa diatasi dengan alat bernama Meta Tag Generator. Dengan alat ini kita tinggal memasukkan beberapa data di kotak yang sudah tersedia dan kemudian klik. Hasilnya akan muncul berupa script yang bisa kita copy dan paste-kan di editor HTML untuk template blog kita.

Konverter Kode Iklan Blog (Blogger Ad Code Converter)
 
Seperti kita ketahui, blog juga merupakan media komunikasi massa yang bisa mendatangkan iklan. Biasanya kita memperoleh script kode adsense yang harus dipasang di blog kita. Namun kode ini tidak bisa begitu saja kita tempatkan dalam template blog, karena akan memunculkan pesan kesalahan. Karena itulah kita perlu menggunakan alat converter.

Favicon Generator
 
Sebuah blog akan tampak lebih keren dengan adanya Favicon. Untuk membuatnya, gunakan Favicon Generator online gratis, untuk membuat Favicons dalam berbagai ukuran, seperti 16, 16 x 32 x 32, 48 x 48, dan 64 x 64.

Google Pagerank Checker

Page rank atau ranking blog kita sangat menentukan dalam bergaining untuk menggaet iklan. Untuk mengetahui rangking blog, kita bisa menggunakan Google Pagerank Checker.

Link Popularity / Backlinks Checker

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas blog, kita perlu mencari backlink sebanyak-banyaknya. Untuk mengetahui seberapa banyak backlink situs Anda di Google dan Yahoo. Catat backlink situs Anda dan periksa kembali dari waktu ke waktu. Dengan demikian kita dapat melihat peningkatan backlink kita.
Keyword Suggestion Tool (Alat Pengukur Kata Kunci)

Setiap orang yang membutuhkan informasi tertentu di blog, akan memasukkan kata kunci dalam kotak pencarian. Mesin pencari terus mencatat kata-kata kunci yang masuk kepadanya. Semakin banyak sebuah kata kunci digunakan, berarti pula semakin banyak orang yang mencari topik tersebut.

Untuk meningkatkan peringkat kita, ada baiknya kita sering berpedoman pada kata-kata kunci tersebut untuk dijadikan topik bahasan blog kita. Beruntung, Google juga telah menyediakan alat pengukur kata kunci ini, yaitu dengan alat yang disebut Keyword Suggestion Tool. (Sumber: Blogger Tricks).

Komentar