Memasukkan Peta ke Blog / Web


SMP Negeri 29 Semarang
PETA sangat berguna untuk menunjukkan kepada publik tentang lokasi suatu tempat. Karena itu pula, pemilik web atau blog, kadang harus memasukkan peta tersebut ke web atau blog mereka. Untuk melakukan hal itu sebenarnya tidak sulit. Cukup masuk ke http://maps.google.com/, dan kemudian tentukan lokasi yang kita inginkan. Selanjutnya, tandai tempat tersebut dengan mengklik  Link (lokasinya di sebelah gambar printer). Setelah itu copy script di bawah tulisan Paste HTML to embed in website.
Langkah selanjutnya, buka blog kita, pasang widget HTML dan pastekan di situ. Kali ini saya memberi contoh memasang peta SMP Negeri 29 Semarang. Setelah di paste, kita akan melihat di bawah kita terdapat tulisan yang menunjukkan koordinat lokasi tersebut. Kalau ingin mengganti, silakan copy tulisan tersebut, edit widget yang kita pasang dan cari kode tersebut.
Agar tidak sulit, cukup klik di deretan huruf HTML tersebut dan tekan control+F. Pastekan kode koordinat tersebut dan kalau sudah ketemu, ganti dengan tulisan yang anda maksudnya. Dalam blog ini, saya tulisan nama SMP Negeri 29 Semarang. Setelah disimpan, lihat hasilnya.

Saya hanya memasang gambar capture karena untuk pengunjung yang akses internet-nya lambat, tulisan tersebut susah dibuka. Cuma kalau ingin menuju ke alamat di maksud, silakan klik tulisan SMP Negeri 29 Semarang. (*)

Komentar