Buka Link di Jendela Baru


BIASANYA, ketika mengunjungi sebuah blog dan mengklik sebuah link, kita akan masuk ke halaman baru, namun menutup halaman lama. Sehingga, ketika akan berbalik ke halaman lama, kita harus mengklik back.

Cara seperti ini sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah, apabila akses internet yang kita gunakan bisa secepat mobil balap. Tetapi kalau sebaliknya, yaitu akses internet kita lelet dan hanya bisa merambat seperti kura-kura, bisa-bisa kita malahan kehilangan kesabaran dan mengumpat “I hate slow.”

Ketika browsing di dunia maya, terbetiklah sebuah pikiran, mengapa kita tidak memberikan sedikit kelonggaran pada pengunjung blog kita. Kita bisa saja melakukan sesuatu, agar setiap kali pengunjung mengklik sebuah link di blog kita, maka akan muncul di jendela lain.

Browser yang ada saat ini, seperti Mozila Firefox atau Internet Explorer, sebenarnya sudah memungkinkan hal itu, yaitu dengan klik kanan pada mouse, dilanjutkan klik lagi pada open link in new tab atau open link in new window.

Sebenarnya ada cara lain, agar pengguna blog kita bisa mengakses link dengan dengan sekali klik seperti biasa, tetapi halaman tetap muncul di tab lain.
Setiap kali Anda menambahkan link ke blog Anda, terlihat seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

<a href="Add Link URL">Some Text</a>

Namun jika ingin link tersebut terbuka di jendela baru, kita bisa menggenati dengan kode :

<a href="Add Link URL" target="_blank">Some Text</a>

Mudah bukan ? Ya.... namun bagi para blogger, menyisipkan kode itu di setiap link mungkin akan merepotkan. Karena itu ada cara lain lagi yang bisa digunakan. Yaitu dengan menyisipkan kode berikut ini di bawah kode <head>.

<base target='_blank'/>

Silakan dicoba....(*)

Komentar