Menambah Halaman Pada Blogger


SABTU, 19 Nopember 2011, pukul 00.10 dinihari, mata ini rasanya sulit terpejam. Iseng-iseng kubuka kembali komputer dan mencari-cari tulisan yang bisa memberikan inspirasi. Dari beberapa blog, aku akhirnya mengetahui bahwa kesungguhan pemilik dalam mengelola blog, antara lain akan tercermin dari halaman-halaman yang ditampilkan. Bahkan pemilik blog di Blogger bisa membuat hingga 20 halaman.

Saat itulah terlintas pikiran, mengapa saya tidak menambah halaman-halaman di Blog Aku Pingin Maju. Dan mulailah saya mengetik ini dan itu tentang mengapa saya membangun blog ini. Setelah kalimat demi kalimat tersusun, saya mulai melakukan prosedur penambahan halaman.

Setelah Login, saya masuk ke posting dan edit laman. Saya kemudian mengklik tombol laman baru dan mulailah meng-copy paste tulisan tadi, seperti memasukkan posting biasa. Setelah tulisan tersebut tersimpan, masalah pun muncul.

Entah mengapa, kotak untuk mengklik halaman tersebut tidak muncul di halaman utama. Ketika mencoba menambah widget untuk menambah halaman, ternyata widget tersebut sebenarnya telah digunakan.

Saya kemudian mencoba untuk memodifikasi blog melalui edit html, tetapi ternyata juga kesulitan. Rasa penasaran pun segera menyeruak. Saya makin tertantang, karena ketika hendak mencari refrensi dari web atau blog lain, ternyata sulit. Kebanyakan hanya mengemukakan cara bikin halaman, tetapi tidak memecahkan masalah yang saya hadapi.

Berbagai cara saya coba, hingga akhirnya tiba pada keputusan untuk mengganti total tampilan blog saya dengan template lain. Keputusan tersebut saya ambil, dengan pertimbangan bahwa pengaturan widget dan tampilan blog, sangat tergantung pada template yang digunakan.

Saya kemudian masuk ke perancang template dan mulailah melakukan penggantian. Hasilnya ternyata seperti yang diharapkan. Dalam elemen halaman, kini muncul kotak widget untuk halaman. Dan setelah melakukan pengaturan sedikit, hasilnya dapat kita lihat di bagian atas blog ini.

Kalau teman-teman mendapat masalah serupa, mungkin langkah-langkah tersebut bisa dilakukan. Namun jangan lupa, untuk memasukkan kembali meta tag di edit HTML, agar robot tetap dapat mengindeks blog kita di mesin pencari. (*)

Komentar