Copy Paste Artikel Bisa Ketahuan

ADAKALANYA ketika kita searching sebuah kata atau frasa di mesin pencari semacam Google, Bing, Yahoo dll, kadang-kadang kita menemukan artikel yang sama di beberapa web sekaligus. Ada yang membiarkan
saja praktik copy paste semacam itu, tetapi ada pula yang bersikap tegas dengan
menolak.
Salah satu web yang cenderung menolak praktik copy paste adalah HeriTok Bukan Blogger. Adapun untuk blog, yang menyatakan sikap tidak mendukung praktik Copy Paste, yaitu Jombloku Personal Blog of Inuel. Silakan cari lewat bantuan Mbah Google untuk mendapat contoh web dan blog anti-Copy Paste lainnya.
Rata-rata keinginan para admin blog dan web tersebut adalah agar karyanya tidak diambil orang lain tanpa izin, alias diplagiat.
Semula tidak mudah untuk mencegah praktik copy paste semacam itu. Namun kini kita bisa melindungi karya kita di web dan blog dengan Copyscape. Untuk mengetahui web atau blog mana saja yang mengkopi artikel kita, langsung bisa ketahuan. Ini sempat saya coba, yakni dengan mem-paste script yang saya ambil dari blog lain. Walaupun telah meminta izin adminnya, namun oleh Copyscape, script tersebut tetap ada kembarannya. Akhirnya script tersebut saya hapus dan saya jadikan file gambar dengan format jpg, dan kemudian saya upload ulang ke blog. Hasilnya, Copyscape tak lagi menemukan duplikasi.
Karena tertarik dengan fasilitas tersebut, akhirnya saya mengambil script banner
Copyscape dan kemudian memasangnya di blog ini. Konon, dengan memasang blog tersebut, karya saya terlindungi. Ok selamat mencoba. Kalau sudah bisa, silakan beri tanggapan. (Purwoko Adi Seno)

Komentar