Mengubah Tampilan Blog

ENTAH bagaimana, tiba-tiba terlintas kata “bosan” dalam benak saya. Saya pun mencoba mencari makna kata itu di Wikipedia, tetapi yang muncul ternyata di luar dugaan. Menurut situs ensiklopedia bebas tersebut, “Bosan adalah nama sebuah kota di Distrik Multan, Pakistan yang merupakan daerah pertanian penghasil mangga dan jeruk. Kota ini juga merupakan salah satu produsen mangga terbesar di Negara itu. Nama aslinya adalah “Boson Town”, kota yang juga terkenal sebagai penghasil ternak.
Tetapi bukan itu yang sebenarnya saya cari. Dengan browsing, saya berharap bisa memperoleh makna “bosan” dalam Bahasa Indonesia. Karena itulah kemudian saya membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia Dalam Jaringan di situs milik Kemendiknas RI. Hasilnya saya menemukan frasa “sudah tidak suka lagi karena sudah terlalu sering atau banyak” dan kata “jemu”.
Dalam media massa, termasuk blog, bosan atau jemu bukan sesuatu yang pantas diremehkan. Bahkan kedua kata tersebut sangat penting, karena berkaitan dengan minat publik untuk mengakses pesan melalui media tersebut.
Demi menghindari kebosanan audience-nya, stasiun televisi bisa berkali-kali mengubah format acaranya. Pun demikian dengan majalah dan surat kabar, yang mengubah rubrik dan penampilannya.
Kebosanan juga bisa menghinggapi para pengakses web dan blog. Itu pula yang membuat Google, memberikan kemudahan pada para pengaksesnya, untuk mengubah latar belakang tampilannya. Adapun untuk blog, usaha untuk mengubah variasi tampilan bisa dilakukan, baik oleh administrator maupun pengakses.
Untuk Blogger, perubahan tampilan oleh admin bisa dilakukan dengan masuk ke rancangan. Untuk template lama, kita bisa mengubah melalui Edit HTML. Adapun untuk perancang template, kita bisa mengubah tampilan sesuai template yang sudah disediakan oleh Blogger. Di sana kita juga bisa mengubah bagian-bagian tampilan lainnya, termasuk jenis huruf (font), besar kecil huruf, dan background.
Selain dilakukan oleh administrator, tampilan background blog juga bisa diatur oleh pengakses. Ketika browsing, saya menemukan situs http://www.kucoba.com/. Di dalamnya terdapat tulisan “Cara Mengganti Background Blog Otomatis” yang ditulis Kang Salman.
Menurut dia, agar pengakses dapat mengganti tampilan blog, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama tentu administrator harus login ke Blogger, untuk kemudian memilih Racangan. Kemudian tambahlah widget baru, yaitu HTML/Javascript. Di situ kemudian copy-paste- kan kode di bawah ini.:




Untuk mendapat copian script ini, silakan klik di sini.Saya sudah mencoba trik ini, dan ternyata berhasil. Semoga bermanfaat dan terima kasih untuk Kangsalman. (Purwoko Adi Seno)

Komentar