Survey Kata Kunci dengan Google Keyword Tool

BAGI para pemula, kesulitan pertama adalah menentukan alamat dan tema blog. Setelah merenung sebentar, sampailan saya pad sebuah keputusan, untuk membuat nama blog ini saya beri nama Blog Aku Pingin Maju dan beralamat di http://akupinginmaju.blogspot.com/. Sebisa mungkin saya menggunakan alamat dan nama blog yang sangat mirip, karena berbagai alasan. Pertama, saya belajar dari pengalaman bahwa blog yang mudah diingat juga mudah untuk dipromosikan. Alasan kedua, nama dan alamat blog yang sulit juga jarang dicari orang melalui search engine seperti Google, Yahoo, MSN, dan Bing. Ada saran dari beberapa blogger yang lebih senior, bahwa untuk menentukan tema sebaiknya bukan cuma menggunakan perkiraan, tetapi hasil survey. Wah…… survey ????? Bayangan yang muncul saat itu, saya harus melakukan penelitian seperti ketika membuat skripsi. Tapi ternyata tidak perlu serumit itu. Saya cukup membuka google keyword tool.

Di dalam situs milik Google tersebut, terdapat kotak pilihan bahasa, mata uang yang digunakan, kata atau frasa, website yang dituju (bisa dikosongi), kategori, dan gambar huruf yang harus diisikan. Saya kemudian mencoba memasukkan kata "blog", "aku pingin maju", "pingin maju", "blog maju" "maju". Hasilnya ternyata lebih banyak mengecewakan. Setelah saya cermati lagi, saya mendapati sebuah baris link Opsi dan Filter Lanjutan . Di situ terdapat Drop Down Box dan kita diminta memilih lokasi dan bahasa pencarian. Saya pun kemudian memilih Indonesia, baik untuk bahasa maupun lokasi.

Ketika saya mencari Blog Aku Pingin Maju, ternyata hasilnya kosong. Maklum, hingga tulisan ini dibuat blog ini memang belum saya daftarkan ke search engine. Karena itu saya mencoba untuk mencari menggunakan keyword "blog" dan hasilnya untuk penelusuran bulanan lokal mencapai angka 3.350.000 dan di kotak persaingan tertulis "rendah".

Ketika saya menggunakan kata aku pingin maju, ternyata hasilnya mengecewakan. Pada kotak istilah penelusuran hanya muncul satu, itu pun tanpa abisngka penelusuran dan persaingan. Adapun di kolom gagasan kata kunci, yang muncul malah adi bing slamet dan download lagu adi bing slamet.


Angka yang tertulis dalam penelusuran bulanan tak lebih dari 2.000. Kondisi serupa juga saya dapatkan ketika menggunakan kata kunci pingin maju. Ketika saya menggunakan kata kunci blog maju, kondisinya malah parah. Dalam kotak penelusuran global bulanan hanya terdapat angka 1.900, kotak penelusuran lokal bulanan 590, dan persaiangan rendah.
Untuk mencari kata kunci dengan angka penelusuran tinggi dan persaingan rendah, ternyata memang tidak mudah. Namun saya tidak putus asa dan mencoba lagi. Kali ini saya menggunakan kata kunci dapat uang. Hasilnya masuk kategori persaingan "menengah" dengan penelusuran global 18.100 dan penelusuran local 18.100.

Angka tersebut, walaupun kecil namun memberikan harapan. Dan yang lebih menarik, di tabel gagasan kata kunci terdapat 100 keyword. Beberapa yang menempati persaingan rendah dan angka penelusuran tinggi adalah, bisnis (1.220.000), uang (823.000-Global) dan (673.000-lokal), serta usaha bisnis (450.000-global) dan (368.000-lokal). Dari hasil penelusuran tersebut, akhirnya saya mengambil kesimpulan bahwa "blog", "bisnis", "uang", "serta usaha bisnis" merupakan kata kunci yang banyak dicari. Penelusuran serupa juga akan saya gunakan dalam menentukan tema tulisan yang akan saya update di kemudian hari. (Purwoko Adi Seno)












Komentar