Ketika Blog Saya Tidak Terindeks Google ????

KETIKA pertama kali belajar ngeblog dengan Blogger, saya sempat patah semangat karena blog yang saya buat tidak terindeks oleh Google. Cara paling sederhana, yaitu meng-copy paste alamat blog saya dan kemudian memasukkannya ke kotak pencarian Google juga sudah saya lakukan. Namun blog itu tetap tidak muncul.


Saat itu saya merasa seolah-olah dicuekin oleh Google. Padahal, saya menggunakan Blogger karena blog tersebut konon milik Google. Rasa jengkel juga sempat menyeruak, lantaran bukan blogger yang terindex, melainkan blog lain, yang saya buat dengan Wordpress.


Namun setelah saya browsing di Internet, segera saja saya menyadari kekurangan saya. Saat itu saya menemukan Blog "Digital Inspiration" yang didalamnya terdapat tulisan "Google Not Indexing Your Blogs ?". Setelah saya baca, ternyata solusinya mudah.


Menurut blog tersebut, kemungkinan sebuah blog di blogger tidak terindeks, karena ada meta tag NOINDEX NOFOLLOW. Untuk mengatasi persoalan tersebut, kita diminta untuk mencari script <b:include data='blog' name='all-head-content'/> di dalam blog kita.


Saya pun kemudian mulai mencoba. Setelah login ke blogger, saya masuk ke rancangan dan kemudian edit HTML. Setelah terbuka, saya mencari script dengan cara menekan alt F, dan kemudian mem-paste script tersebut dalam kotak pencarian. Kurang dari satu detik, script tersebut langsung ketemu dan kemudian.......del.


Setelah perubahan disimpan, saya kemudian keluar dan masuk ke Google. Setelah alamat blog saya masukkan ke kotak pencarian Google, sesaat kemudian munculah blog saya dideretan paling atas. Dengan kata lain, blog saya sudah diindex. (*)

Komentar