Generasi Kedua, Komputer Pakai Transistor

Sumber: Columbia Edu
PENEMUAN transistor pada 1948 oleh laboratorium Bell Telephone, mampu menggantikan tabung vakum. Komponen dengan tiga kaki, yakni basis, kolektor, dan emitor ini, juga memberikan perubahan besar pada alat-alat elektronik seperti televisi, radio, dan komputer.

Namun transistor baru mulai digunakan untuk komputer mulai tahun 1956. Berbagai literatur menyebutkan, alat-alat elektronik tersebut menjadi lebih kecil, dan berkinerja lebih cepat serta lebih andal. Namun saya belum menemukan referensi yang menyebutkan dimensi dari komputer era ini. Hanya dari gambar-gambar yang ada, terlihat bahwa komputer generasi kedua ini hanya membutuhkan sebuah kamar untuk menempatkannya.

Pada era itu, komputer sudah menggunakan berbagai komponen yang banyak digunakan hingga saat ini. Alat ini juga dapat dilengkapi dengan printer dan berbagai media penyimpan, seperti berupa pita atau disk.
Adanya media penyimpan ini, komputer yang semula menggunakan bahasa mesin, mulai beroperasi dengan bahasa assembly. Assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.

Pada era ini pula, sistem operasi dan program komputer mulai berkembang. Bahasa pemrograman yang mulai umum digunakan saat itu adalah Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN). Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia.

Dampak positif dari perkembangan itu, adalah kemunculan berbagai karir baru, seperti programmer, analis sistem, dan ahli sistem komputer. Industri peranti lunak pun mulai bermunculan dan berkembang, sebagai konsekuesi adanya pemrograman.

Namun demikian, pada masa awal komputer generasi ke dua, pemanfaatannya belum sebanyak saat ini. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi tersebut adalah superkomputer Stretch yang dibuat oleh IBM. Selain IBM, Sperry Rand Corporation juga membuat komputer bernama LARC (Livermore Atomic Research Computer).

Sesuai namanya, komputer-komputer yang dapat menangani sejumlah besar data ini, dikembangkan untuk laboratorium energi atom. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan, yakni di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California dan satu lagi di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.

Keunikan LARC ini adalah perhitungan aritmatika dilakukan pada angka desimal yakni 0 – 9. Hal ini berbeda dengan komputer saat ini yang menggunakan sistem biner yaitu 0 dan 1. Komputer ini juga sudah
menggunakan prosesor khusus untuk mengontrol input dan output. Perangkat perekam data seperti teks dan grafis saat itu menggunakan film 35mm. Perangkat ini dikenal dengan Perekam Halaman Elektronik. Namun untuk pemrosesan data ini, masih diperlukan banyak intervensi manusia.
Penggabungan dua komputer LARC, sudah bisa disebut superkomputer karena dengan penggabungan itu kinerja komputer menjadi jauh lebih kuat. Namun untuk mencapai semua itu, dibutuhkan biaya mahal, sehingga tidak cocok untuk bisnis.

Pada 5 Oktober 1959, IBM memperkenalkan komputer 1401 yang dapat dioperasikan sebagai suatu sistem yang independen, atau dihubungkan dengan peralatan printer. Komputer ini juga dapat dihubungkan dengan komputer IBM 700 atau 7000

Berbeda dengan LARC, 1401 ini lebih murah sehingga kalangan industri, universitas, dan pemerintahan mulai memesan. Komputer ini sedemikian populer, hingga dalam lima minggu pertama setelah diperkenalkan pada publik, IBM mendapat pesanan hingga 5.200 unit. Namun pesanan itu tak bisa dipenuhi secara cepat.  Pada akhir tahun 1961, baru 2.000 unit yang bisa dipasang di Amerika Serikat.

Para ahli IBM pun bekerja lebih keras, hingga empat tahun kemudian, jumlah 1401 yang terpasang di seluruh dunia sudah mencapai lebih dari 10.000. Sistem ini dipasarkan sampai Februari 1971. Komputer 1401 umumnya digunakan oleh bisnis kecil, atau controller off-line perifer untuk komputer mainframe.

Kala itu, program dapat dibuat menjadi lebih fleksibel, sehingga dapat digunakan sesuai kepentingan perusahaan. Komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. (Dari Berbagai Sumber)

Komentar