Menambah Animasi di Blogger

KITA tentu ingin blog kita tampil lebih dinamis. Salah satu cara yang saya lakukan, adalah dengan memasang gambar-gambar animasi di blog kita. Dalam posting terdahulu, saya sudah pernah menulis tentang memasang animasi sebagai backgroud blog. Untuk posting kali ini, saya mencoba memasang animasi tersebut ke postingan.

Untuk file yang saya pilih adalah animasi berformat GIF, dengan pertimbangan relatif mudah dicari di internet. Untuk langkah pertama, saya ingin memodifikasi atau membuat dulu file animasi yang akan dipasang, dengan cara menggabungkan beberapa file animasi.

Setelah memperoleh beberapa animasi di internet, mulailah saya memecah gambar-gambar tersebut menggunakan Blaze Media Convert. Software tersebut, selain berguna untuk memecah animasi dan video, juga bisa untuk menggabungkannya kembali.

Setelah file-file animasi tersebut terpecah menjadi gambar-gambar berformat jpg atau jpeg, saya mulai menggabungkan dan mengedit setiap gambar dengan photoshop. Setelah selesai, gambar-gambar jpg tersebut kemudian saya susun kembali sesuai urutan dengan menggunakan Blaze, agar bisa menjadi file animasi GIF.
Langkah berikutnya adalah memasukkan gambar animasi tersebut ke blog. Cara yang lakukan sama dengan memasang gambar biasa. Yaitu pada saat memposting, saya sisipkan gambar dengan mengklik sisipan gambar pada bagian atas kotak posting.

Mudah bukan. Kalau saya bisa, saya yakin anda juga mudah untuk melakukannya. Salam kemajuan. (*)

Komentar