Memasang Slideshow dengan Flicker


SALAH satu cara memperindah web atau blog kita adalah menghiasinya dengan gambar. Namun persoalannya, kita sering tak mempunya waktu untuk mengumpulkan foto dalam jumlah banyak dan bervariasi.

Untuk mengatasi persoalan itu, kita bisa menggunakan slideshow dengan memanfaatkan Flicker. Caranya pun tak sulit untuk dilakukan.

Langkah pertama, kita mencari dulu gambar yang kita inginkan dan mengetikkan ke kotak pencarian. Sebagai contoh, saya menggunakan kata kunci “lion” atau ”singa”. Singa saya pilih, karena dia adalah sang raja hutan yang sangat anggun, namun memiliki sorot mata tajam. Pada saat biasa, dia bisa terlihat sangat santai, bercanda dengan anak-anak dan istrinya. Namun kalau sudah berburu, jarang ada binatang yang bisa meloloskan diri.

Setelah muncul deretan gambar, saya kemudian mengklik tombol slideshow di sisi sebelah kanan. Setelah muncul, saya kemudian klik share dan meng-copy script di bawah tulisan Grab The Embed HTML.

Kalau ingin mengatur ukuran, kita bisa mengklik Customize This HTML. Setelah mengatur ukuran gambar, kita kemudian meng-copy script di bawahnya.

Langkah selanjutnya, kita bisa membuka blogger dan masuk ke rancangan, dilanjutkan ke elemen laman. Di tempat itu, klik tambah gadget dan pilih HTML / Java Script. Paste script yang telah kita copy di kotak yang disediakan, dan kemudian simpan.

Untuk script silakab kopas di bawah ini.

<body>
<table border="1" width="54%" height="92">
    <tr>
        <td width="296">
        <p align="center">Paste di Sini</td>
            </tr>
</table>
</body>


Script yang kita copy dari flicker, kemudian paste-kan di teks yang berwarna merah tersebut. Seluruhnya kemudian kita pasang di gadget HTML yang sudah kita siapkan. Jangan lupa simpan dan lihat hasilnya. Moga-moga berhasil. (*)

Komentar